Minggu, 10 Mei 2020

Pahami Strategi Segmentasi Pasar Yang Efektif

strategi segmentasi pasar

Segmentasi pasar adalah salah satu dari banyaknya strategi yang digunakan pebisnis untuk mengambil peluang kesuksesan.

Strategi segmentasi pasar memiliki pengertian yaitu suatu strategi pemasaran yang dilakukan secara pengelompokkan pasar kemudian membagi nya menjadi segmen-segmen tertentu untuk memudahkan pemasaran dan pencapaian target.

Di berbagai perusahaan, strategi segmentasi pasar digunakan untuk merangsang pelanggan yang berpotensi agar mau bergabung dan menjadi konsumen produk yang ditawarkan. Dengan demikian kegiatan jual beli akan lebih mudah dilakukan.

Melakukan segmentasi pasar juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya segmentasi pasar harus bisa diukur, dijangkau, memiliki subtansi yang besar, unik, dapat dilakukan, dan pastinya memberikan keuntungan.

Jika beberapa syarat tersebut terpenuhi dengan baik Anda perlu mengklarifikasi setiap segmen yang ada menggunakan variabel. Nah, variabel tersebut diantaranya:


1.Berdasarkan Geografi

Sesuai dengan syaratnya, strategi segmentasi pasar bisa dicapai dengan syarat harus memiliki tempat. Strategi geografi merupakan strategi pengelompokkan pasar berdasarkan wilayah. Ini merupakan variabel paling mudah dilakukan karena tinggal menentukan produk dan karakter masyarakat saja. 

2.Berdasarkan Demografi

Langkah selanjutnya dengan melihat demografi. Demografi sendiri adalah cara untuk mengelompokkan segmen pasar berdasarkan data. Yang dimaksud dengan data adalah usia, jenis kelamin, tempat tinggal, pendidikan, penghasilan, agama, dan lain-lain. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan data yang lebih akurat dan bisa memulai meluncurkan strategi.

3.Berdasarkan Psikografi

Psikografi adalah pengelompokan segmen berdasakan status sosial, kepribadian, dan gaya hidup masyarakat. Hal ini ternyata cukup penting untuk diperhatikan. Jika salah meletakkan bisa saja bisnis Anda terhambat atau bahkan mati karena tidak tepat. Anda harus pintar membaca situasi untuk menentukan segmen berdasarkan psikografi masyarakat.

4.Berdasarkan Tingkah Laku

Mengapa tingkah laku tidak termasuk kedalam psikografi? Karena tingkah laku ditinjau melalui pengetahuan, reaksi konsumen, sikap, dan respon terhadap suatu produk.

Anda bisa mencoba memasang strategi segmentasi pasar berdasarkan tingkah laku jika ingin mengetahui senang atau tidak senang konsumen dalam suatu wilayah terhadap produk yang Anda tawarkan.

Bisnis sama hal nya dengan belajar, Anda harus jeli membaca satu demi satu isyarat yang diberikan konsumen mengenai suatu produk dengan tujuan agar bisnis Anda laku di pasaran. Semoga bermanfaat.