Kamis, 26 Maret 2020

Apa Itu Branding? Dan Seberapa Pentingnya Bagi Bisnis Anda

Apa Itu Branding

Di era digitalisasi saat ini, mungkin anda seringkali mendengar berbagai macam istilah-istilah dalam bisnis digital, salah satunya adalah branding.

Nah,sekarang ini masih banyak sekali orang-orang awam yang belum paham mengenai apa itu branding,dan pentingkah branding tersebut bagi produk mereka? seberapa besarkah dampak dari branding ini.

Disini kita akan mengupas tuntas mengenai apa itu branding, dan seberapa penting branding bagi bisnis anda. 

Berbagai ahli menyampaikan pendapat yang berbeda mengenai pengertian branding secara umum, beberapa orang juga mengatakan bahwa branding adalah usaha atau hal yang dilakukan untuk membentuk image sebuah produk atau sesuatu dan memberikan identitas tersendiri kepada produk tersebut. 

Branding Menurut Kohler

"Pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya, yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing"

Menurut Landa
"Pengertian branding adalah bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut"

Branding

Secara umum dapat disimpulkan bahwa branding ialah upaya untuk menggambarkan suatu produk atau merek sehingga memiliki nilai tersendiri dan dapat mudah diingat oleh orang lain. Branding tidak hanya memberi identitas pada merek tersebut tetapi juga membuat customer atau pengguna dapat mengingat merek tersebut. 

Tak hanya tentang bagaimana produk tersebut ingin diingat oleh orang lain, tetapi juga sebagai pembeda diantara produk yang lainnya, sebagai contoh kita lihat kasus dibawah.

Studi Kasus

Ada dua penjual nasi goreng yang sama-sama menjual nasi goreng dengan rasa yang tidak jauh berbeda, yang satu memberi nama jualannya dengan nama yang biasa yakni Nasi Goreng Pak Razak, nah penjual yang satu lagi,mengerti bagaimana branding mampu meningkatkan penjualan, ia membuat nama Nasi Goreng Ambyar, tak cuma nama, dia juga merombak warung nasi gorengnya sedemikian rupa mulai dari banner, steling nasi goreng yang dibuat khas dengan gaya khusus dan kekinian. 

Dia juga membuat akun sosial media untuk mempromosikan nasi goreng ambyar, juga membuat kemasan khusus untuk nasi gorengnya tak seperti nasi goreng pada umumnya. 

Kira-kira kamu sebagai konsumen, lebih tertarik membeli yang mana? 
Tentu saja kamu pasti mencoba membeli Nasi Goreng Ambyar, kenapa?
Unik, itu jawabannya. Orang Indonesia cenderung menyukai hal-hal yang berbau unik dan sedikit aneh, apalagi jika disebut-sebut embel-embel kekinian,pasti diserbu oleh kalangan remaja.

Tak hanya itu, dengan akun sosial media yang dibuat, dan kemasan khusus. Pembeli bisa memosting Nasi Goreng Ambyar ke sosmed mereka dan tag akun Nasi Goreng Ambyar, ini namanya promotion by customer. Tanpa disuruh pun,mereka akan melakukan promosi produk anda.


Jadi Menurut kamu,Penting gak sih branding buat bisnis kamu